Wamen Pertanian Dan Bupati Ade Sugianto Secara Simbolis Berikan Bantuan JUT Di Tasikmalaya

Wamen Pertanian Dan Bupati Ade Sugianto Secara Simbolis Berikan Bantuan JUT Di Tasikmalaya

Tasikmalaya Ketikone – Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Ir. Harvick Hasnul Qolbi, SE., melakukan kunjungan kerja sekaligus menghadiri acara penyerahan bantuan Jalan Usaha Tani (JUT); Direktorat Jenderal (Ditjen) Sarana dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian yang dilaksanakan di Pasir Pari Desa Cidugaleun Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya, (Jum’at, 28 Juli 2023).

Acara Penyerahan Bantuan Jalan Usaha Tani (JUT) dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia diberikan langsung oleh Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Ir. Harvick Hasnul Qolbi, SE., dan acara ini dihadiri juga oleh Perwakilan dari DPR RI, Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, seluruh Kepala Desa dari empat Kecamatan yaitu Kecamatan Cigalontang, Kecamatan Sariwangi, Kecamatan Cikalong dan Kecamatan Salopa, Sekretaris Dewan Kabupaten Tasikmalaya Drs. Aam Rahmat Selamet, M.Pd., ASDA Tiga Kabupaten Tasikmalaya Asep Darisman, Kepala Bagian Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tasikmalaya Roni, para Camat, para SKPD, Kepala Cabang BPJS Kabupaten Tasikmalaya dan Unsur Forkopimda serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto mengatakan, dirinya mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia yang sudah berkenan berkunjung langsung dalam rangka menyerahkan bantuan jalan usaha tani (JUT) Ditjen Sarana dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian kepada 14 (empat belas) Desa dari empat Kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya,” ucapnya.

“Lanjut Ade mengatakan, jika masyarakat Kabupaten Tasikmalaya mayoritas adalah petani memiliki 241 rebu lahan pertanian dan penghasil 372 rebu salah satu sentra beras terbesar di Provinsi Jawa Barat. Dan memiliki 3000 (tiga ribu) petani milenial yang dididik

Ia berharap kedepannya Kabupaten Tasikmalaya bisa lebih baik di bidang pertanian dengan memanfaatkan sejumlah bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Ade Sugianto menyerahkan BPJS bantuan jaminan ketenagakerjaan kepada dua orang perwakilan warga masyarakat Desa Cidugaleun Kecamatan Cigalontang yang sudah meninggal dunia, bantuan dari total keseluruhan sebanyak 627 orang warga Desa Cidugaleun yang mendapat jaminan ketenagakerjaan dari pihak BPJS Kabupaten Tasikmalaya,” pungkasnya

Sementara itu Ir. Harvick Hasnul Qolbi, SE,. yang juga Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia dalam sambutannya mengatakan, dari 351 Desa dan 39 Kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya sektor bisnisnya harus lebih dikembangkan. Karena program saya dengan Pak Presiden itu one company for one local government ini harus segera di akses, kalau masih ada yang belum paham regulasinya segera mencari tahu

Pasalnya Pak Presiden memesankan ini pada saya jangan sampai ada sekat dengan masyarakat dan saya sudah pesankan kepada perwakilan tiap kepala Desa yang hadir untuk berdiskusi sharing dengan masyarakat manfaatkan dana yang ada untuk kesejahteraan,” ujarnya.

“Lanjut Ia mengatakan PAD Kabupaten Tasikmalaya harus kita genjot karena ini PR kita bersama Pak Bupati, karena kemarin baru dapat anugerah petani milenial di program YES, itu sangat luar biasa. Akan tetapi harus ada tindakan nyatanya

Jadi kawan-kawan Pemda harus bantu kepala daerah, jangan sibuk ikut-ikutan urusan politik yang terlalu berlebihan. Tingkatkan kesejahteraan masyarakat itu lebih utama, terutama di bidang pendidikan moralnya, terus juga penghasilannya itu luar biasa, kalau ini bisa di laksanakan,” jelasnya.

Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan jalan usaha tani (JUT) kepada salah satu Kelompok Tani Desa Cidugaleun secara simbolis mewakili 14 Kelompok Tani Desa lainnya dari empat Kecamatan oleh Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia. Acara pun diakhiri dengan meninjau langsung pameran produk hasil pertanian yang ada di wilayah Kecamatan Cigalontang dan dilanjut dengan meninjau lahan pertanian di wilayah Desa Cidugaleun

Adapun beberapa Kelompok Tani yang menerima bantuan jalan usaha Tani (JUT) dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia yaitu, Kecamatan Cigalontang sebanyak 8 (delapan) Desa yang diantaranya Desa Cidugaleun, Desa Sirnaputra, Desa Sirnaraja, Desa Jayapura, Desa Sirnagalih, Deda Puspamukti, Desa Nanggerang dan Desa Parentas.

“Untuk Kecamatan Sariwangi sebanyak 3 (tiga) Desa yang diantaranya yaitu, Desa Linggasirna, Desa Jayaputra dan Desa Jayaratu. Untuk Kecamatan Cikalong sebanyak satu Desa yaitu Desa Cikalong, dan untuk Kecamatan Salopa sebanyak dua Desa yang diantaranya yaitu Desa Mekarwangi dan Desa Mandalawangi,” tutupnya.

Reporter:Day

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *