Wabup Ciamis Yana D Putra: Program PKK Turut Berkontribusi Bagi Pembangunan Masyarakat

Wabup Ciamis Yana D Putra: Program PKK Turut Berkontribusi Bagi Pembangunan Masyarakat

Ciamis Ketikone – Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra menyebutkan bahwa Program Gelari Pelangi merupakan salah satu program PKK yang turut berkontribusi bagi pembangunan di masyarakat khususnya penguatan pada sektor ekonomi maupun pendidikan keluarga.

Hal tersebut disampaikan Wabup Ciamis dalam acara penerimaan tim rechecking Provinsi Jawa Barat dalam lomba Gelari Pelangi bertempat di Aula Desa Kawali Kecamatan Kawali pada Selasa (18/07/2023).

Diketahui, Gelari Pelangi merupakan Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi.

Untuk pelaksanaan lomba Gelari Pelangi sendiri lokus pilot project-nya tersebar di 3 desa yaitu Desa Kawali untuk pilot project Kampung Mandiri, Desa Winduraja untuk pilot Project TBM (Taman Bacaan Masyarakat) dan Desa Imbanagara Raya untuk pilot Project Rumah Dilan (Pendidikan dan Keterampilan) UP2K- PKK dan koperasi PKK.

“Penguatan ekonomi masyarakat merupakan salah satu isu utama yang menjadi fokus pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Hal ini dikarenakan aspek ekonomi menjadi aspek krusial yang menunjang kehidupan masyarakat,” Ucap Wabup.

Oleh karena itu Ia menuturkan gelari Pelangi merupakan suatu strategi sebagai upaya lebih berupa terobosan yang dapat mengakselerasi agar kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi semakin meningkat yang dilaksanakan secara terencana, terpadu, terstruktur, merata dan berkualitas dengan bersendikan kearifan lokal.

“Melalui lomba ini akan diketahui sudah sejauh mana program Gelari Pelangi dilaksanakan di Kabupaten Ciamis, sehingga akan diketahui hal-hal mana saja yang tidak sesuai dengan ketentuan dan target serta apa saja yang masih harus diperbaiki dan ditingkatkan,” ungkapnya.

Dikatakannya, implementasi pelaksanaan program dan kegiatan PKK ini dilakukan secara berkesinambungan dengan memperhatikan kondisi dan kebutuhan masyarakat serta hasilnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

“Artinya dalam pelaksanaan gelar Pelangi ini hendaknya dapat dilaksanakan secara bertahap berjenjang dan terpadu yang melibatkan semua stakeholder,” Jelasnya.

Maka dari itu, Wabup menghimbau kepada OPD yang menjadi mitra dalam pelaksanaan program tersebut untuk senantiasa dapat berkolaborasi dengan PKK agar mendapat menghasilkan capaian dan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

“Kepada OPD untuk senantiasa berkolaborasi dengan PKK agar dengan program ini dapat menghasilkan manfaat yang nyata sebagai wujud kontribusi PKK bagi peningkatan kualitas pendidikan keterampilan dan perekonomian masyarakat khususnya di Tatar Galuh Ciamis,” pungkasnya.

Reporter:Ditya

Sumber:PROKOPIM CIAMIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *