Bupati Ciamis Herdiat: Jadikan Penilaian Ini Sebagai Motivasi

Bupati Ciamis Herdiat: Jadikan Penilaian Ini Sebagai Motivasi

Ciamis Ketikone – Tim Rechecking mengunjungi Desa Cisontrol sebagai lokasi fokus penilaian Lomba Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah Bencana) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Bupati Ciamis Dr. Herdiat Sunarya menyambut Tim Rechecking Lomba Gagah Bencana dan PHBS Jabar 2023 di Kantor Kepala Desa Cisontrol Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis, pada Selasa (18/07/2023)

Pada kesempatan tersebut Bupati Ciamis di dampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Ciamis Hj Kania Ernawati Herdiat dan Kepala SKPD terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarnya memberikan ucapan selamat datang Tim rechecking dari Jawa Barat.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Ciamis menghaturkan ucapan selamat datang kepada Tim Rechecking Lomba Gagah Bencana dan PHBS Jabar 2023 dan apresiasi setinggi tingginya kepada Bapa Ibu bisa hadir di Kabupaten Ciamis,” Katanya.

Kemudian membahas prilaku hidup sehat, Bupati Herdiat mengatakan bahwa PHBS merupakan sebuah keutamaan dan haruslah dijadikan dasar pokok dalam kehidupan sehari-hari, dan penilaian tersebut merupakan sebuah motivasi.

“Perilaku Hidup bersih dan Sehat ini yang paling utama kita sebagai Masyarakat harus di jadikan dasar pokok dalam kehidupan sehari-hari,” Jelas Bupati Herdiat.
“Jadi kalaupun dilombakan hanya sebagai motivasi, agar masyarakat betul-betul menyadari betapa pentingnya hidup bersih dan sehat. Karena bersih dan sehat merupakan kebutuhan sehari-hari dan harus diawali dulu dari diri sendiri, keluarga, masyarakat dan lingkungan”, Imbuhnya.

Kemudian ia menjelaskan kepada tim penilai, bahwa secara pribadi menyadari dan merasa bangga bahwa sebagian besar masyarakat Ciamis sudah peduli terhadap PHBS.

“Sudah dibuktikan bahwa sejauh ini Kabupaten Ciamis telah meraih prestasi yang luar biasa, di awali dengan pengelolaan sampah, sampah dari rumah masyarakat, dipilih mana yang organik dan an-organik, “ Jelasnya.

“Sehingga Kabupaten Ciamis memiliki 283 bank sampah, dan kita sudah mendapatkan penghargaan sampai nasional,” Imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati Herdiat menjelaskan bahwa dari pengelolaan sampah, dapat membantu perekonomian masyarakat.

“Sampah organik dibuat pupuk dan an-organik dibuat kerajinan sehingga mampu memiliki daya jual dan membantu perekonomian masyarakat,” Jelas Bupati Herdiat.

Bupati Herdiat juga mengingatkan kepada masyarakat agar selalu waspada pada keadaan cuaca pada saat ini.
“Cuaca saat ini sangat extream, hujan deras dimana-mana, intensitasnya sangat tinggi, jadi berhati-hati, tetapi yang sangat membanggakan dari saluran-saluran air keadaanya bersih tidak ada yang tersumbat,” Ungkapnya

Diakhir sambutannya, Bupati herdiat kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk menjadikan penilaian ini sebagai motivasi,

“Jangan sampai di ada-ada, seadanya saja dan janganlah dibuat-buat,” Pungkasnya.

Reporter:Ditya

Sumber:PROKOPIM CIAMIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *