Nilai-nilai Sosial Bukan Jadi Manusia Transaksional, Pesan Wabup Ciamis pada Kemah Santi Tahun 2023

Nilai-nilai Sosial Bukan Jadi Manusia Transaksional, Pesan Wabup Ciamis pada Kemah Santi Tahun 2023

Ciamis Ketikone – Wakil Bupati Ciamis H. Yana D. Putra Hadiri Pembukaan Kemah Santri Se- Kabupaten Ciamis yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang (PC) Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Ciamis, pada Senin (16/10/2023) bertempat di Lapang Bola Desa Janggalaharja Kecamatan Rancah.

Acara yang yang diselenggarakan PC NU tersebut sengaja di gelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2023.

Adapun santri yang mengikuti perkemahan tersebut berasal dari Pondok Pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis.

Pada kesempatan tersebut Wabup Ciamis menyampaikan apresiasinya dan berharap melalui kegiatan tersebut menjadi ajang bertukar pikiran guna menjawab problematika dimasa depan.

“Kami sangat mengapresiasi atas kegiatan yang diselenggarakan oleh PC NU ini, mudah-mudahan melalui ajang ini dapat dijadikan ajang tukar pikiran antar santri juga antar pondok pesantren,” Katanya.

“Sehingga yang di harapkan nantinya, santri mampu menjadi solusi dalam menjawab tantangan zaman dimasa yang akan datang,” Imbuhnya.

Kemudian Wabup juga membahas tentang Tema besar yang di usung pada peringatan Hari santri tahun 2023 ini yaitu Jihad Santri Jayakan Negeri.

“Tantangan hari ini tidak akan lebih mudah, dibandingkan tantangan hari-hari sebelumnya,” Ungkap Wabup Yana.

“Globalisasi dan digitalisasi hari ini akan menjadi tantangan dari jihad itu sendiri,” Imbuh wabup.

Kemudian lebih lanjut Wabup mengungkapkan bahwa globalisasi dan digitalisasi hari telah menggeser nilai-nilai manusia sebagai mahluk sosial menjadi manusia transaksional.

Sebagi contoh, Wabup memaparkan bawa tidak sedikit ketika ada terjadinya kecelakaan manusia hari ini bukan menolong, tetapi lebih memilih mendokumentasikannya untuk diviralkan demi kepentingan konten agar bertambahnya subcriber.

“Hal tersebut salah satu contoh yang menjadikan nilai-nilai sosial menjadi transaksional,” Terangnya.

“Mudah-mudahan kita sebagai santri mampu terus mejaga nilai-nilai sosial dalam diri kita sehingga cita-cita bersama dalam menjayakan negeri dapat tercapai,” Pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua dan jajaran PC NU Kabupaten Ciamis, para Ketua Badan Otonom NU, Para Pimpinan Pondok pesantren, para tokoh masyarakat dan beserta tamu undangan lainnya.(Ditya)

Sumber:PROKOPIM CIAMIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *