Bersihkan Gorong-Gorong, Caleg PKS Teti Lestari Turun Langsung Bareng Warga 4 RT Desa Telagamurni

Bersihkan Gorong-Gorong, Caleg PKS Teti Lestari Turun Langsung Bareng Warga 4 RT Desa Telagamurni

Bekasi Ketikone – Caleg PKS DPRD Kabupaten Bekasi, Teti Lestari bersama warga 4 RT di Desa Telagamurni mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) pembersihan saluran air. Baksos di saluran air tersebut guna mengantisipasi pencemaran Kalimalang Desa Telagamurni dari sampah rumah tangga yang sudah menumpuk setahun lamanya.

“Alhamdulillah hari ini saya bersama warga RW 01 yang melingkupi RT 01, RT 02, RT 03 dan RT 04 turun langsung membersihkan gorong-gorong perbatasan RW 01,” kata Teti Lestari kepada wartawan di sela-sela kegiatan baksos, Minggu (30/07/2023) pagi.

Caleg nomor urut 5 Daerah Pemilihan Kecamatan Cibitung dan Kecamatan Cikarang Barat itu mengatakan baksos bersih saluran air merupakan tindak lanjut Tradisi Bersih Kali yang dimulai sejak pertengahan Mei 2023.

Kali ini, Teti Lestari dibantu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi melalui UPTD 3 dan Komunitas Katak binaan Rahmat Hidayat yang terjun langsung ke dalam gorong-gorong penuh sampah.

“Tadi saat kita bersihkan di gorong-gorong perbatasan, sampahnya mengalir terus dari ujung gorong-gorong RT 01 ke gorong-gorong perbatasan RW 01, tapi sekarang sudah bersih dan airnya mengalir lancar,” kata Teti Lestari.

Hadir dalam kegiatan Baksos tersebut yakni RT Dudung (Ketua RT 01/01), RT Tami (Ketua RT 02/01), RT Wasid (Ketua RT 03/01) dan RT Subur (Ketua RT 04/01).

Dalam pantauan media, puluhan warga tampak bersemangat mengangkut sampah dari gorong-gorong dan menaikannya ke truk sampah yang dipersiapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Doni Siraid.

“Ya, warga tampak bersemangat, sejak pagi jam 07.00 sudah turun ke dalam gorong-gorong membersihkan sampah,” kata Ketua RT 04/01, Subur.

Kata RT Subur, pembersihan saluran air dan gorong-gorong di wilayahnya diharapkan dapat mengantisipasi luapan air akibat saluran yang mampet.

“Target kita hari ini seluruh gorong-gorong sudah bebas dari sampah dan lumpurnya kita angkut juga,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua RT 01/01, Hanafi menambahkan bahwa pembersihan gorong-gorong di perbatasan RW 01 baru dilakukan setelah setahun lamanya sempat absen.

Selama ini sampah terlihat menumpuk dan menimbulkan aroma tak sedap bagi warga yang tinggal di dekat gorong-gorong.

“Kita khawatir saat musim hujan, sampah yang menumpuk jadi penyebab saluran air mampet dan berdampak banjir,” kata dia.

Selain itu, saluran tersebut mengalir ke arah Kalimalang Desa Telagamurni yang selama ini kerap dimanfaatkan warga untuk mandi dan mencuci pakaian.

Sementara itu, dihubungi terpisah warga sekitar bantaran kali menyampaikan rasa terimakasih atas kepedulian Teti Lestari terhadap lingkungan tenpat tinggalnya.

“Kita mendoakan semoga bu Teti Lestari kelak terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Bekasi dan kami akan mendukung penuh karena bu Teti Lestari juga merupakan warga kampung sini, warga Desa Telagamurni kelahiran Cibitung, saya yakin setelah duduk di DPRD beliau akan sangat peduli terhadap kampung kelahirannya,” ungkap warga.

Reporter:Ek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *