Peringati HUT Satpol PP, Bupati Ciamis : Utamakan Pelayanan Prima dan Upaya Persuasif dalam Penegakan Peraturan Daerah

Peringati HUT Satpol PP, Bupati Ciamis : Utamakan Pelayanan Prima dan Upaya Persuasif dalam Penegakan Peraturan Daerah

Ciamis Ketikone – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya bertindak sebagai Inspektur dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke 73 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang digelar di Taman Lokasana Ciamis, Jum’at (17/03/2023).

Selain HUT Satpol PP, dalam kesempatan tersebut juga diperingati HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke 61dan HUT Pemadam Kebakaran dan Keselamatan ke 104 tingkat Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis berpesan agar satuan jajaran Satpol PP, Satlinmas dan Damkar dapat mengutamakan pelayanan prima kepada masyarakat dengan mengedepankan upaya persuasif pada setiap penegakan Peraturan Daerah.

“Selalu utamakan pelayanan prima dalam mengayomi masyarakat, membangun jejaring komunikasi, kolaborasi serta inovasi dengan seluruh pemangku kepentingan,” Ucapnya.

Dijelaskannya dalam pelaksanaan nilai-nilai tersebut di atas tentunya harus diiringi dengan tetap menunjang tinggi kehormatan sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Peran strategis satuan polisi pamong praja dalam pelaksanaan pemerintahan di daerah dijelaskan bahwa urusan ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat merupakan salah satu urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar,” Jelasnya.

Sehingga menuntut Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menanganinya harus benar-benar profesional, dan memenuhi kriteria standar pelayanan minimal.

Selanjutnya, Bupati Ciamis melanjutkan terkait keberadaan pemadam kebakaran dan penyelamatan tentu harus sama-sama menyamakan persepsi berdasarkan sudut pandang undang-undang dan agenda besar negara.

Di mana tugas pemadam kebakaran bukan hanya sebagai penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu berperan aktif dalam proses pembangunan melindungi hasil pembangunan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Peran penting pemadam kebakaran tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya, diantaranya adalah melakukan penanganan kebakaran serta bencana lainnya serta melaksanakan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan bahaya kebakaran dan bencana lainnya,” Paparnya.

Disampaikannya, pemadam kebakaran dan penyelamatan harus terus sinergis dengan seluruh masyarakat guna mewujudkan tema hari ulang tahun saat ini yaitu pemadam kebakaran dan penyelamatan tangguh rakyat tumbuh Indonesia maju.

“Saya sering mendengar laporan dari masyarakat kalian sering bertindak cepat dan cermat, serta responnya sangat luar biasa ketika menghadapi musibah baik bencana alam maupun kebakaran, kalian selalu siap siaga,” Pungkas Bupati.(PROKOPIM)

Reporter:Ditya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *