Legislator Eka Ahmad Munandar, Musrenbang Kecamatan Adalah Perwujudan dari pendekatan Partisipatif

Legislator Eka Ahmad Munandar, Musrenbang Kecamatan Adalah Perwujudan dari pendekatan Partisipatif

Bandung Ketikone – Legislator dari Fraksi PKS, Eka Ahmad Munandar mengatakan, musyaran perencanaan pembangunan (Musrenbang) merupakan perwujudan dari pendekatan partisipatif melalui forum musyawarah, hal ini dikatakanya usai ikuti kegiatan musrenbang diwilayah Kecamatan Katapang.

Dimana dalam musrenbang ini, antara pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah – langkah penanganan program kegiatan prioritas daerah yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang terintregrasi dengan Pemerintahan Daerah.

Sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang – Undang Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional bahwa, Pemerintah Daerah wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan daerah untuk periode satu tahun.

Sebab RKPD menjadi pedoman bagi penyelenggara pembangunan bagi seluruh perangkat daerah, maka subtansi dan esensi dari sistem perencanaan tingkat nasional dan daerah menjadi semakin perlu untuk dimatangkan dan disempurnakan guna lebih dalam perencanaan pembangunan yang lebih berdaya guna dan berhasil guna demi kepentingan pemerintah dan Masyarakat.

Reporter:Dk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *