Bendungan Leuwikeris Yang Masih di Bangun Jebol..!!

Bendungan Leuwikeris Yang Masih di Bangun Jebol..!!

Ciamis Ketikone – Bendungan Leuwikeris yang masih dibangun terpantau jebol, Senin (12/09/22). Sebelum jebol, kawasan bendungan yang berada di wilayah sekitar Ciamis, Tasikmalaya dan Kota Banjar ini sempat diguyur hujan sehingga diduga tidak kuat menahan debit air sungai Citanduy.

Diketahui, konstruksi Bendungan Leuwikeris yang mulai dikerjakan 2016 lalu melalui lima paket pekerjaan, yakni Paket I dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan – PT Bahagia Bangun Nusa (KSO) untuk konstruksi tubuh bendungan utama (main dam), temporary cofferdam, dan fasilitas umum dengan progres fisik 60,74% hingga 22 Maret 2022.

Paket II oleh PT Waskita Karya – PT Adhi Karya (KSO) untuk galian bangunan pelimpah (spillway) dengan progres selesai 100%. Kemudian, paket III dikerjakan oleh PT Hutama Karya untuk pekerjaan terowongan pengelak (tunnel diversion), pembangunan jalan akses, dan Jembatan Citanduy dengan progres selesai 100%.

Paket IV berupa pembetonan spillway, pekerjaan electrical dan hydromechanical, perkerasan jalan akses, dan pembangunan Jembatan Cihapitan oleh PT Waskita Karya – PT Hutama Karya – PT Basuki Rahmanta Putra (KSO) dengan progres 99,56%.

Terakhir, paket V dikerjakan oleh PT Waskita Karya – PT Adhi Karya (KSO) berupa pembetonan terowongan pengelak, pembetonan bangunan pengambilan (inlet dan outlet), penggalian shaft intake, dan pembangunan Jembatan Cikembang dengan progres selesai 100%.

Progres pekerjaan gabungan pembangunan Bendungan Leuwikeris untuk paket I hingga paket V mencapai 87,24% dengan target selesai tahun 2023.

Hingga berita peristiwa ini diturunkan, Redaksi belum mendapat tanggapan atau assesment dari pihak BBWS Citanduy, dan akan melakukan konfirmasi untuk berita selanjutnya.

Rep:Ditya/Agus F

Sumber:Buletinnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *