Wabup Sahrul,Hadiri Ngaruat Jagat Raga Jeung Rasa Di Desa Panyocokan

Wabup Sahrul,Hadiri Ngaruat Jagat Raga Jeung Rasa Di Desa Panyocokan

Bandung Ketikone – Kegiatan Ngaruat Jagat, Raga Jeung Rasa yang diadakan di kampung Babakan Hangasa Desa Panyocokan kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. (23/9/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Bandung H.Sahrul Gunawan,S.E , Dinas lingkungan hidup, pihak kecamatan Ciwidey, kepala desa Panyocokan H.Dadan dan para tamu undangan lainnya.

Dikatakan Wakil Bupati Bandung H Sahrul Gunawan “Saya bangga dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan warga Desa Panyocokan ini dengan Ruat Jagat yang merupakan bagian dari budaya. Tentu sesuai dengan spirit Bedas Kalamdaya, yaitu kekuatan alam dan budayanya.

Semoga berbagai persiapan yang telah dilakukan bisa memberikan kesiapan untuk menerima wisatawan ketika situasinya sudah memungkinkan”, ungkap Wakil Bupati, Sahrul Gunawan, saat menghadiri acara Ngaruat Jagat, Raga Jeung Rasa di kampung Babakan Hangasa desa Panyocokan, kecamatan Ciwidey.

Ditambahkan Sahrul Inovasi ‘Bedas Kalamdaya’ yang sedang digalakkan Pemerintah Kabupaten Bandung, merupakan penyatuan kearifan lokal, keindahan alam, dan kebudayaan, menjadi strategi pembangunan pariwasata dan budaya di Kabupaten Bandung.

Kali ini program Bedas Kalamdaya hadir di Desa Panyocokan Kecamatan Ciwidey untuk mengembangkan potensi wisata di daerah tersebut melalui pemetaan potensi kekayaan alam maupun budaya oleh Pemerintah Desa setempat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Drs .Asep Kusumah yang juga hadir pada kesempatan tersebut, memberikan alat Lubang Cerdas Organik (LCO) yang bermanfaat bagi warga desa setempat.

Dikatakan Kepala Desa Panyocokan H. Dadan selama ini, Ciwidey menjadi tempat transit atau perlintasan para pengunjung yang hendak berwisata ke wilayah selatan Kabupaten Bandung, seperti Kawah Putih, Situ Patenggang dan Glamping yang berada di Kecamatan Rancabali dan lainnya.

“Dengan kekuatan budaya tradisional ini, semoga bisa menarik para wisatawan untuk tidak hanya sekadar melintas, tapi juga menjadikan Ciwidey sebagai alternatif tujuan wisata.

Kedepannya juga diwilayahnya akan dibangun obyek wisata yang bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke wilayah Ciwidey khususnya ke Desa Panyocokan pungkasnya.

 

Reporter: (Yun.s)

Editor: Ek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *