Hari Air Sedunia Ke 32 BBWS Wilayah Sungai Citarum Lakukan Penanaman Pohon

Hari Air Sedunia Ke 32 BBWS Wilayah Sungai Citarum Lakukan Penanaman Pohon

Kab. Bandung Ketikone – Dalam rangka Hari Air Se-Desa Dunia Ke 32, Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS) melakukakan penanaman pohon di Curug Jompong, Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung (5/3/2024) yang dihadiri oleh unsur terkait dan dari unsur wilayah Kecamatan Margaasih dan Kecamatan Kutawaringin.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS), usai melakukan penanaman pohon, Ir. Bastari mengatakan, dalam rangka “Hari Air Ss-Dunia Ke 32” dan juga rangkaian “Word Water Forum” di Bali pada tanggal 18 sampai dengan 25 Mei 2024 nanti, hari ini kami dari BBWS dan unsur terkait lainya, komunitas serta warga sekitar melakukan penanaman pohon.

Dan untuk tahun ini ada sekitar 520 pohon untuk penanaman diberbagai titik diwilayah Kabupaten Bandung, dimana penanaman pohon ini tadi sudah dijelaskan sangat tepat dalam rangka konsevasi sumber daya air, dengan tema “Water For Peace” artinya air untuk kesejahteraan bersama.

Dan ini kita harus bisa merubah prilaku dimana dengan pertumbuhan penduduk yang cukup besar, dimana air sangat dibutuhkan oleh umat manusia maka kita harus melakukannya dari sekarang dengan melakukan apa yang kami contohkan untuk ditiru oleh masyarakat.

Karena hal ini merupakan kewajiban bersama, dimana air harus dijaga, penanaman pohon ini juga tentunya agar air bisa merasap kedalam tanah selain dari pada itu mengurangi erosi, banjir dan lain sebagainya, serta untuk menampung saat musim kemarau, kegiatan ini tentunya hanya bagian kecil karena semua liding sektor semua turun termasuk Citarum Harum dimana mereka juga melakukan penanaman pohon.

Dan hal ini memang tidak mudah karena masyarakat juga harus turun tangan, selain dari pada itu penanaman pohon ini juga masyarakat diuntungkan dengan adanya kepentingan ekonomi, contohnya kita tanam pohon tanaman buah yang merawat ini ada komunitas ada masyarakat yang ikut merawatnya dari hasil tanaman yang kita tanam beberapa tahun kemudian tentunya akan menghasilkan buah, tentunya ini akan menghasilkan ekonomi, selain dari pada buah – buahan kami juga sudah melakukan penanaman kopi, yang jelas kita harus bersama – sama kalau memang untuk meningkat penanaman pohon agar semua bisa mengambil keuntungan dan juga menjaga kelestarian alam, sehingga masyarakat bisa nyaman.

Selanjutnya Kepala Bagian umum dan Usaha (BBBWS) juga sebagai Ketua Panitia Penanaman Pohon, Dina Noviatiana mengatakan, Alhamdulilah kami dari BBWS dan unsur terkait lainnya hari ini dalam rangka Hari Air Se Dunia Ke 32 melakukan penanaman pohon sebanyak 120 pohon di Curug Jompong wilayah Desa Lagadar.

Dan kita melakukan penanaman pohon ini totalya ada 520 pohon yang tersebar di beberapa titik, sesuai dengan arahan Pak Mentri dimana yang kita tanam pohon buah – buahan, makanya kita dalam melakukan penanaman pohon ini selalu menggandeng beberapa unsur, komunitas dan masyarakat dimana pohon tersebut agar bisa dipelihara oleh mereka dan manfaatnya (hasilnya) pun bisa dinikmati oleh mereka, jika dijual hasilnyapun tentunya akan menambah penghasilan buat mereka, terkait penanaman pohon ini juga kita sudah berkoordinasi dengan Kementrian Pertanian bagainana cara menanam dan jarak penanaman, juga bibitnya juga, agar hasilnya bisa baik.

 

Reporter:Den

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *