Ketua DPC IPJI Ciamis Menggelar Pembinaan dan Pembekalan Organisasi Bagi Pengurus

Ketua DPC IPJI Ciamis Menggelar Pembinaan dan Pembekalan Organisasi Bagi Pengurus

Ciamis Ketikone – Tumbuhkan rasa memiliki dan memperkuat internal organisasi, Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia Kabupaten Ciamis (DPC IPJI CIAMIS) menggelar Rapat Kerja, Rapat Keoordinasi dan Pembekalan organisasi yang diikuti oleh seluruh pengurus dan jajaran IPJI Ciamis bertempat di Kantor DPC IPJI Ciamis Jl. Koperasi No 100 Kelurahan Kertasari Kabupaten Ciamis pada Jum’at (25-26-/8/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW IPJI Jabar)Dra.Ai Mulyani M.Pd, beserta pengurus.Ketua IPJI Ciamis Muhamad Rifa’i, dan Jajaran dan Penasehat IPJI Ciamis Endin Lidinillah S.Ag.,M.Ag.

Dalam sambutannya, Ketua IPJI Ciamis Muhamad Rifa’i mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPW IPJI Jabar dan Kepada Penasehat IPJI Ciamis yang telah hadir sekaligus sebagai pemateri dalam kegiatan Rakor Pembinaan dan Pembekalan Keorganisasian.

“Selain raker, rakor dan pembekalan keorganisasian, kegiatan ini sebagai bentuk dalam mempererat tali silaturhami antara keluarga besar DPC IPJI Ciamis dan DPW IPJI Jabar,” ungkap ketua IPJI Ciamis yang akrab disapa Kang Rifa’i.

Kata Dia, kegiatan ini juga merupakan awal bagian dari program kerja esklusif yang dilaksanakan diawal masa tugasnya sebagai PAW Ketua IPJI Ciamis yang telah dikukuhkan pada hari Jum’at (11/8/2023) setelah ketua IPJI sebelumnya Arif Ma’ruf mengundurkan diri karena akan mengikuti perhelatan pemilihan calon Legislatif DPRD Kab.Ciamis pada tahun 2024 mendatang.

Menurut Dia, kegiatan pembinaan dan pembekalan keorganisasian penting dilakukan oleh DPC IPJI Ciamis agar seluruh pengurus dan anggota dapat memahami tupoksi masing-masing sesuai dengan aturan yang ada dalam AD/ART organisasi profesi IPJI karena mereka akan memiliki peran strategis dalam memberikan kontribusi serta masukan dalam pembentukan para pengurus yang baru sehingga menghasilkan para pengurus dan jajaran yang berkualitas dalam melaksanakan tugas serta memahami hak dan kewajiban sebagai bagian dari organisasi serta dapat memberikan masukan yang positif dalam menyusun program kerja.

“Karena memiliki peran strategis, maka kegiatan pembinaan dan pembekalan keorganisasian penting dilakukan dengan harapan dapat membawa perubahan IPJI Ciamis kedepan lebih baik dan lebih maju lagi di sisa masa jabatan 2020-2025,” ungkap Kang Rifa’i.

Dia berharap, setelah pembinaan dan pembekalan tentang organisasi oleh DPW dan Penasehat IPJI, para pengurus dan anggota mendapatkan pengetahuan dan wawasaan tentang tupoksi di organisasi, serta berharap agar dapat meyebar luaskan ke seluruh pemangku kebijakan dan kalangan masyarakat tentang apa itu peran organisasi profesi IPJI,” paparnya.

“Merupakan sebuah proses yang di jalani. Sebagai ketua merasa bangga dengan perjuangan teman-teman yang sampai detik ini rela mengorbankan waktu, pikiran dan tenaga demi kemajuan organisasi IPJI Ciamis kedepan lebih baik dan lebih maju lagi,” tandasnya.

Sementara itu dalam pemaparanya, Ketua DPW IPJI Jabar Ai Mulyani mengatakan, Ia sangat mengapresiasi kegiatan pembinaan dan pembekalan organisasi yang diselenggarakan oleh DPC IPJI Ciamis.

“Kegiatan ini penting dilaksanakan agar seluruh pengurus dan jajaran dapat memahami makna dari sebuah organisasi,” tuturnya.

Menurut Ai, langkah-langkah strategis kedepan pasca dikukuhkan PAW Ketua IPJI Ciamis dalam membentuk kepengurusan baru dan menyusun program kerja, haruslah berpegang teguh sebagaimana yang tertuang dalam AD/ART Ikatan Penulis Jurnalis Indonesia(IPJI).

Ai Mulyani berpesan setelah dilaksanakannya pembekalan organisasi, agar para jurnalis yang tergabung dalam wadah DPC IPJI Ciamis dapat bersinergi dengan forkopimda Kab.Ciamis dan seluruh stak holder yang ada, serta dapat menjalankan aktivitas sebagai jurnalistik dengan tetap berpegang teguh pada Undang Undang Pers No 40 Tahun 1999 dan kode etik jurnalistik.

“Dengan dilaksanakan pembinaan dan pembekalan organisasi, kedepan IPJI Ciamis akan menjadi lebih terarah dan lebih baik dalam membentuk formasi kepengurusan dan menyusun program kerja,” kata Ketua DPW IPJI Jabar yang akrab di sapa Bunda Ai.

“Berharap dibawah komando kang Rifa’i, IPJI Ciamis lebih baik lagi dan menjadikan para jurnalis yang tergabung, menjadi pelopor Pers yang bermatabat, berakhlak, bermoral, Inovatif, edukatif dan selalu menjungjung tinggi kode etik jurnalistik,” ujarnya.

Sementara Endin Lidinilah yang merupakan salah satu bagian dari Penasehat IPJI Ciamis sekaligus sebagai pengamat sosial di Kab.Ciamis dalam arahannya menuturkan.Sebagai organisasi Pers, IPJI dituntut untuk dapat melaksanakan fungsi- fungsi Pers secara seimbang, baik itu fungsi informatif, edukatif, rekreatif, ekonomis dan kontrol sosial.

Disisi lain, anggota IPJI khususnya wartawan dituntut untuk menaati kode etik jurnalistik dalam setiap kegiatan jurnalistiknya, Apalagi tahun 2023 dan 2024 merupakan tahun politik dimana ada kontestasi meraih kursi baik pileg, piplres maupun pilkada dengan berbagai aktor terlibat di dalamnya dengan interest masing- masing.

Sebagai sebuah organisasi profesi, kepengurusan DPC IJPI Ciamis seyogyanya bisa meningkatkan kompetensi profesionalisme dan kesejahteraan lahir batin anggotanya. Dalam konteks kehidupan sosial sebagai organisasi yang lahir dari rahim reformasi, kepengurusan DPC IPJI Ciamis dituntut meneruskan perjuangan reformasi untuk mewujudkan cita- cita proklamasi memujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui kegiatan- kegiatan jurnalistiknya.,Tandasnya.(Ek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *