Menjelang Hari Jadi Ke-381, Bupati Ciamis  Ziarah Ke Makam Leluhur Galuh

Menjelang Hari Jadi Ke-381, Bupati Ciamis  Ziarah Ke Makam Leluhur Galuh

Ciamis Ketikone – Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya beserta unsur Forkopimda laksanakan ziarah ke Makam Leluhur Galuh dalam rangka menyambut Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-381, pada Kamis (8/6/2023).

Ziarah tersebut berlangsung lancar dan khidmat, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pokok Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-381 Tahun 2023, yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Ziarah ini juga sebagai upaya menghormati dan mengenang jasa para leluhur yang telah berperan dalam membentuk sejarah dan identitas Tatar Galuh Kabupaten Ciamis.

Tidak hanya Bupati Ciamis beserta para pejabat di Kabupaten Ciamis, ziarah juga diikuti oleh masyarakat dilingkungan makam leluhur Galuh.

Diawali dengan menziarahi makam Raden Adipati Arya Panji Jayanegara (1635 – 1678), yang merupakan Bupati pertama bertempat di makam Ciwahangan Girang, Desa Imbanagara, Ciamis.

Untuk lokasi kedua di makam Raden Tumenggung Wiradikusumah (1814 – 1819), yang merupakan Bupati ke-14 bertempat di makam Cigadung, Desa Imbanagara, Ciamis.

Selanjutnya ziarah ketiga di Makam Rd. Adipati Adikusumah di Gunung Galuh (1819 -1839), yang merupakan Bupati ke-15 bertempat di makam Gunung Galuh, Desa Imbanagara, Ciamis.

Rangkaian ziarah keempat di makam Raden Adipati Kusumahdiningrat (1839 – 1886), yang merupakan Bupati ke-16 bertempat di makam Jambansari, Selagangga, Ciamis.

Selanjutnya, ziarah kelima di makam Raden Adipati Arya Kusumah Subrata (1886 – 1914), yang merupakan Bupati ke-17 bertempat di makam Sukasirna Ciamis. Kemudian ziarah ke enam di makam leluhur Astana Gede Kawali.

Setiap ziarah diawali dengan pembacaan sejarah singkat, doa bersama, dan tabur bunga oleh Bupati Ciamis di dampingi Wakil Bupati Ciamis dan para Forkopimda beserta istri.(EK)

*PROKOPIM CIAMIS*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *