Bupati Herdiat Sebut Para Tokoh Agama Berperan Penting Dalam Menjaga Kemajemukan

Bupati Herdiat Sebut Para Tokoh Agama Berperan Penting Dalam Menjaga Kemajemukan

Ciamis Ketikone – Para tokoh agama berperan penting dalam menjaga kemajemukan sebagai kekayaan dan modal sosial bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi masyarakat Tatar Galuh Kabupaten Ciamis.

Hal itu disampaikan Bupati Herdiat saat menghadiri Halaqoh Ulama Ke 5 tingkat Kabupaten Ciamis bertempat di Gedung Islamic Center Ciamis, Rabu (28/12/2022).

“Memperhatikan sikap keberagaman dalam dinamika berbangsa dan bernegara, akhir-akhir ini Presiden RI Joko Widodo dalam berbagai kesempatan mengajak tokoh-tokoh agama untuk menjadikan agama sebagai sumber nilai-nilai yang merawat kebhinekaan,” ucapnya.

Pemerintah juga mengajak tokoh-tokoh agama dan umat beragama untuk memberikan wawasan keagamaan yang lebih dalam dan luas lagi kepada umat masing-masing, karena eksklusivisme cenderung bertumpu pada ajaran-ajaran agama yang terdistorsi.

Sejalan dengan hal tersebut, tema yang diusung pada Halaqoh Ulama ke 5 ini yaitu “Menguatkan Ukhuwwah dalam Tantangan Moderasi Beragama”.

Bupati berpandangan bahwa sikap moderat dan moderasi adalah suatu sikap dewasa yang baik dan sangat diperlukan, terlebih moderasi beragama yang merupakan usaha kreatif untuk mengembangkan suatu sikap keberagamaan.

“Komitmen utama moderasi beragama terhadap toleransi menjadikannya sebagai cara terbaik, pada gilirannya menghadirkan kesejukan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, ” ujarnya.

Maka Ia berharap dengan kegiatan ini dapat lebih mempererat Ukhuwwah Islamiyah dalam mewujudkan pembangunan dan kemajuan umat Islam khususnya dan masyarakat Tatar Galuh Ciamis pada umumnya.

“Saya mengajak kepada jamaah Halaqah mari kita perkokoh ukhuwah untuk meningkatkan kualitas keimanan dan kemanusiaan untuk membangun Ciamis yang lebih baik, ngawujudkan Tatar Galuh nu langkung tangguh,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan peresmian Gedung Islamic Center dan Asrama Haji oleh Bupati Ciamis.

Peresmian tersebut juga disertai dengan Penamaan Gedung, seperti gedung Islamic Center diberi nama gedung KH. Irfan Hielmy, asrama haji Timur diberi nama KH. Moh. Sirodj, Asrama Haji Barat diberi nama KH. Umar Nawawie dan Masjid Islamic Center diberi nama Masjid Al Karomah.

Seperti ditahun-tahun sebelumnya, dalam acara itu Bupati Ciamis memberikan 10 hadiah umrah bagi para peserta, yang diundi secara acak oleh Bupati Ciamis beserta para jajaran Forkopimda.

Sebagai acara inti, acara Halaqoh Ulama tersebut diisi dengan ceramah keagamaan yang disampaikan oleh K.H. Muhammad Cholil Nafis selaku Ketua Bidang Dakwah dan Ukhwah MUI Pusat.

Reporter:Ditya

PROKOPIM CIAMIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *