Bupati Bandung Luncurkan Program “BERKAT” Pada Giat Bunga Desa

Bupati Bandung Luncurkan Program "BERKAT" Pada Giat Bunga Desa

Bandung KetikOne – Dalam Giat Rembug Desa, Bunga Desa ( Bupati Ngamumule Desa) kali ini berada di Desa Cipelah, Bupati Bandung mendengar secara langsung

semua aspirasi dan keluh kesah masyarakat , sebelum akhirnya Saya mengintruksikan kepada sejumlah kepala perangkat daerah untuk menindaklanjuti.

Dalam kesempatan ini, Sejumlah aspirasi dan keluhan disampaikan beberapa tokoh masyarakat setempat. Diantaranya persoalan infrastruktur, daerah yang masih blankspot, sepinya aktivitas seniman dan budayawan pasca pandemi, persoalan mentalitas SDM dan harapan adanya peningkatan destinasi wisata di wilayah Rancabali.

Persoalan blankspot sudah menjadi target program saya sejak awal. Target saya di triwulan pertama, persoalan ini harus selesai. Saya juga sudah intruksikan dinas lainnya, DPUTR, Disparbud dan Dinas PMD untuk mencatat kemudian menindaklnjuti secara teknis keluhan-keluhan yang disampaikan warga.

Terkait destinasi wisata di kawasan Rancabali, bupati yang akrab disapa Kang DS ini akan mendorong desa-desa di Rancabali bisa menjadi Desa Wisata. Ia mentargetkan untuk tahun ini bisa memiliki 100 Desa Wisata.

Tentunya untuk mewujudkan hal itu, perlu terdukung  dengan sarana infrastruktur yang memadai. Nah saat ini saya berencana ingin membuat akses jalan tol dari Soreang, Cidaun, Ciwidey dan Pangalengan. Jika ini terealisasi, maka warga di daerah Pasirjambu Ciwidey Rancabali (pacira) harus siap-siap beradaptasi dan merubah pola hidup untuk berorientasi pada peningkatan ekonomi. Masyarakat, terkhusus para pelaku UMKM dituntut berinovasi dan kreatif.

Pada kesempatan ini, Alhamdulilah puluhan warga Kecamatan Rancabali mengapresiasi program Insentif Guru Ngaji yang telah berjalan. Warga menilai, program-program unggulan orang nomor di Kabupaten Bandung ini sangat terasa langsung manfaatnya.

“Hal utama dalam memimpin itu bukan tentang jabatan apa yang sedang kita pegang, tetapi tentang seberapa besar manfaat yang kita berikan kepada masyarakat”, prinsip itu disampaikan Kang DS pada saat melakukan giat Saba Desa dalam rangka Bunga Desa (Bupati Ngamumule Desa) di Desa Cipelah Kecamatan Rancabali.

Dalam giat tersebut Kang DS beserta jajarannya menginap di rumah warga setempat supaya lebih tahu mengenal kondisi di lapangan dan mendengarkan langsung aspirasi warga.

Selain menyampaikan visi misi dan program pembangunan Kabupaten Bandung, Kang DS mengukuhkan Lima Pilar Desa Bedas se-Kecamatan Rancabali dan meluncurkan program BERKAT (Bedas Tenaga Terampil Bersertifikat) sebagai dukungannya terhadap pekerja ekonomi kreatif.

Program Bunga Desa ini menjadi bukti keseriusan Kang DS dalam menjalankan amanahnya. Rumah warga yang tidak layak huni itu dimasukan dalam program bedah rumah. Antusiasme masyarakat dengan kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini sangatlah baik, untuk menjadikan masyarakatnya sejahtera dan mewujudkan Kabupaten Bandung semakin BEDAS.

Rep:(Tim/Ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *