Gubernur Jatim Khofifah Ajak Perkuat Jejaring Dan Sinergi Alumni UNAIR

Gubernur Jatim Khofifah Ajak Perkuat Jejaring Dan Sinergi Alumni UNAIR

Jatim Ketikone – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) masa bakti 2021-2025 melantik para Pengurus Pusat IKA Unair masa bakti 2021-2025. Pelantikan yang digelar secara hybrid ini dilakukan di Aula Garuda Mukti Kampus C Universitas Airlangga, Mulyorejo Surabaya, Sabtu (11/9) malam.

Pelantikan ini berdasarkan SK Pengurus Pusat IKA Unair No. 001/SK/PP-IKA UNAIR/VIII/2021 tanggal 2 Agustus 2021 tentang Susunan Dewan Penasehat, Dewan Pakar dan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Airlangga masa bakti 2021-2025.

Proses pelantikan sendiri digelar secara hybrid dimana dari total 198 orang pengurus termasuk Dewan Pakar dan Dewan Pertimbangan , hanya 45 orang pengurus yang dilantik secara langsung. Sedangkan lainnyanya mengikuti secara virtual. Prosesi pelantikan dimulai dengan pembacaan SK susunan pengurus pusat IKA Unair dan dilanjutkan dengan pembacaan kata-kata Pelantikan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat IKA Unair.

Kongres ke-X IKA Unair sendiri telah dilakukan di Airlangga Convention Center secara hybrid pada 3 Juli 2021 lalu dengan hasil gubernur perempuan pertama di Jatim ini terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat IKA Unair.

Usai melantik para pengurus IKA Unair, Khofifah mengajak seluruh alumni Unair untuk memperkuat jejaring, sinergi dan kolaborasi baik internal maupun eksternal tidak hanya bagi almamater tapi juga masyarakat, bangsa dan negara.

Kita butuh membangun kemitraan dengan multi stakeholders baik government , private sector, baik dengan jejaring dalam maupun luar negeri.

“Banyak alumni Unair yang sudah ditempa dan dibesarkan oleh almamater ini. Marilah kita saling membangun penguatan, jejaring, sinergi dan berkolaborasi. InsyaAllah kita dalam satu tim yang akan memberikan dedikasi terbaik bukan hanya untuk almamater yakni Unair, tapi juga masyarakat, agama, dan bangsa negara. Kita perlu mewujudkan super team,” kata Khofifah.

Menurutnya, banyak sekali alumni Unair yang sudah mendedikasikan dirinya di banyak profesi, banyak sektor dan berbagai bidang kehidupan. Untuk itu, ia mengajak seluruh alumni Unair di berbagai profesi, sektor dan bidang tersebut untuk membangun koneksitas dalam mendedikasikan dan membaktikan untuk almamater Unair selanjutnya untuk bangsa dan negara.

Terkait dengan permintaan Rektor Unair agar IKA Unair membantu berbagai persoalan alumni salah satunya terkait penyaluran lulusan dunia kerja, Khofifah mengatakan bahwa IKA Unair terutama di bidang kemitraan akan lebih memperkuat jejaring tidak hanya dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (Dudika), namun juga memperkuat sentra-sentra IKA Unair di berbagai wilayah, salah satunya di Jakarta.

“Saya mengidentifikasi bahwa sangat banyak teman-teman di Jakarta yang mereka asli alumni Unair tapi bahwa memang kita membutuhkan konsolidasi kembali. Hal ini supaya pesannya Pak Rektor itu bisa tersampaikan implementasinya,” katanya.

Sedangkan dengan Dudika, lanjutnya, perlu koneksi dan komunikasi lebih dekat dan lebih intensif lagi. Hal ini dikarenakan kemungkinkan kerjasama telah terbangun, namun kebutuhan-kebutuhan sesuai dengan dinamika perubahan di masing-masing Dudika perlu diupdate.

Reporter: Mey

Sumber: Humasjtm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *